HomeLayanan PublikPengaduan Layanan Publik

Syarat dan Tata Cara Pengaduan

music-xpert
╚ݲň­ň˝Ýűň ýŔÝŔ ŔŃ­ű

Mengacu kepada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan, berikut ini kami uraikan Syarat dan Tata Cara Penyampaian Pengaduan.

Disampaikan secara tertulis

  1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung, Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama apabila disampaikan secara tertulis oleh Pelapor;
  2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs resmi Mahkamah Agung. Meskipun demikian, pengaduan yang tidak menggunakan formulir khusus tersebut tetap akan diterima dan ditindaklanjuti;
  3. Dalam hal pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, petugas di Mahkamah Agung atau Pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.

Menyebutkan informasi secara jelas

  1. Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, pelapor diharapkan dapat menyebutkan secara jelas informasi mengenai:
    • Identitas aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau pengadilan tempat terlapor bertugas;
    • Perbuatan yang dilaporkan;
    • Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadakan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara; dan
    • Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan Pelapor.
  2. Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identitasnya. Namun demikian selama dalam informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitas akan tetap ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung.

Tata Cara Pengiriman

  1. Pengaduan ditujukan kepada:
    • Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding di mana Terlapor bertugas; atau
    • Ketua Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, atau Ketua Muda Pengawasan dengan tembusan kepada Kepala Badan Pengawasan.
  2. Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah pengaduan dengan menuliskan kata "PENGADUAN pada Pengadilan" pada bagian kiri atas muka amplop.
Jika Anda ingin memasukkan pengaduan melalui Pengadilan Negeri Rembang, silahkan masukkan/kirimkan pengaduan anda ke:
Kantor Pengadilan Negeri Rembang, Jl. P. Diponegoro No.97, Telepon/Fax. (0295)691832

Hak-hak Pelapor

  1. Mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitasnya;
  2. Mendapatkan kesempatan untuk dapat memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun;
  3. Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan pengaduan yang didaftarkannya;
  4. Mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan.

Hak-hak Terlapor

  1. Membuktikan bahwa ia tidak bersalah dengan mengajukan saksi dan alat bukti lain;
  2. Meminta Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dirinya.

Hak-hak Mahkamah Agung dan Badan Peradilan

  1. Merahasiakan kesimpulan dan rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kepada pihak Terlapor, Pelapor, dan pihak-pihak lain selain kepada pejabat yang berwenang mengambil keputusan;
  2. Menentukan jangka waktu yang memadai untuk menangani suatu pengaduan berdasarkan tingkat kesulitan penanganan dalam hal jangka waktu yang ditetapkan dalam pedoman ini terlampaui.

Selengkapnya:

 

Khusus untuk aparatur Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya, pengaduan dapat disampaikan melalui layanan pesan singkat (SMS) berisi uraian singkat mengenai hal yang dilaporkan/diadukan dengan mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi dan disampaikan kepada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dengan nomor telepon 085282490900 dengan format: Nama pelapor#NIP#satker#ibukota provinsi#nama terlapor#isi pengaduan.

Selengkapnya:

instagram takip├ži instagram takip├ži free followers for instagram instagram takip├ži sat─▒n al instagram free followers free instagram followers instagram takip├ži kasma instagram be─čeni hilesi cheat follower for instagram instagram giri┼č instagram free follower instagram takip├ži kasma instagram takip├ži hilesi instagram be─čeni hilesi instagram takip├ži instagram giri┼č instagram takip├ži sat─▒n al instagram free followers instagram free follower cheat follower for instagram free instagram followers free followers for instagram Escort Ankara Eros Porno Ata┼čehir Escort Mersin Escort HD XXX Etlik escort Antalya Escort ├çankaya Escort Ankara escort Beylikd├╝z├╝ Escort izmir escort izmir Escort Kad─▒k├Ây Escort Bah├že┼čehir Escort Ata┼čehir Escort Sincan Escort ┼či┼čli escort Kartal Escort Maltepe Escort Beylikd├╝z├╝ Escort ankara escort Ankara escort bayan T├╝rk├že Altyaz─▒l─▒ Porno Kurtk├Ây Escort Pendik escort amat├Âr porno Etiler Escort Taksim Escort Be┼čikta┼č Escort istanbul Escort escort istanbul Bak─▒rk├Ây Escort Halkal─▒ Escort Bayan Atak├Ây Escort ┼×irinevler Escort Bayan ┼×i┼čli Escort Esenyurt Escort Bah├že┼čehir Escort pendik escort Pendik Escort Ankara Escort Ankara Escort Ankara Escort T├╝rk├že Altyaz─▒l─▒ Porno ankara escort bayan ankara escort ankara escort escort ankara bayan bedava bonus canl─▒ bahis mersin escort adana escort ho┼čgeldin bonusu veren bahis siteleri ├çekmek├Ây Escort Ata┼čehir escort Kartal Escort Kurtk├Ây Escort Bostanc─▒ Escort Pendik Escort Kartal Escort Kad─▒k├Ây Escort Kad─▒k├Ây Escort Kad─▒k├Ây Escort Kad─▒k├Ây Escort Ata┼čehir escort Ayd─▒nl─▒ Escort Bostanc─▒ Escort ├ťmraniye Escort Kurtk├Ây Escort Suadiye Escort Escort Bayan Kartal Escort Pendik Escort Kad─▒k├Ây escort Pendik Escort Kartal Escort Kad─▒k├Ây Escort Kad─▒k├Ây Escort istanbul Escort Bostanc─▒ escort Kurtk├Ây Escort
c99 shell hacklink hacklink al istanbul evden eve nakliyat hacklink Google